Saturday, September 25, 2010

SEJARAH STUDIO WALT DISNEY 
 
Seperti rentetan sejarah yang telah dibahas sebelumnya, agaknya perlu bagi kita untuk lebih dalam mengenal siapa Walt Disney itu.
Adalah Walter Elias Disney, pendiri sekaligus pengembang studio animasi terbesar dalam sejarah industri kreatif dunia “Walt Disney Studio”. Walter Disney dilahirkan pada tanggal 5 Desember 1901 di Chicago Illinois. Ayahnya, Elias Disney adalah seorang keturunan Kanada dan Ibunya, flora Disney adalah wanita keturunan Amerika – Jerman. Walter Disney adalah salah satu dari lima bersaudara keluarga tersebut.
Setelah kelahiran Walter Disney, keluarga tersebut pindah ke Marceline Missouri. Saat itulah Walt mulai terlihat menyukai menggambar dan seni. Ketika dia berusia tujuh tahun dia menjual beberapa karya sketsanya dan gambar-gambar yang dia buat kepada tetangga dan teman terdekatnya. Walt menyukai gambar binatang dan alam, hingga pada suatu ketika bakat Walt dimanfaatkan oleh kakaknya. Walt diminta untuk mengecat sisi rumah kakaknya dengan gambar-gambar dengan menggunakan “tar”.
Setelah lebih dewasa, Walt bekerja paruh waktu sebagai penjual Koran, popcorn dan soda.
Setelah dia bersekolah di SMU Mckinkley – Chicago, Walt semakin perhatian kepada bidang menggambar dan fotografi. Pada malam harinya dia belajar pada sekolah seni murni untuk memperdalam ilmunya. Akan tetapi setelah keadaan ekonomi keluarganya memburuk, Walt akhirnya dibiayai oleh kakak tertuanya, Roy.
Setelah keluarganya pindah ke Kansas, Walt tidak patah semangat untuk terus mengembangkan kemampuannya berkesenian dan menggambar. Disamping itu Walt mulai menunjukkan bakat “entertain”nya setelah dia menggelar pertunjukan atraksi teater komikal di sekolah.
Selama tahun 1918, Walt menjadi sukarelawan palang merah untuk membantu pasukan perang yang dikirim ke Perancis. Mobil ambulan-pun dijadikannya media gambar seni kartun.
Setelah kembali dari Perancis, dia mencari pekerjaan pada perusahaan seni komersial, yang kemudian menjadikannya menemukan dunia animasi setelah beberapa eksperimen yang dilakukannya. Dia mulai membuat animasi pendek untuk iklan bisnis local di Kansas. Pada saat itu juga Walt membuat animasi pendek “The Alice Comedies”, yaitu tentang petualangan seorang gadis.
Belum selesai karya itu dibuat, perusahaan tersebut bankrut. Walt akhirnya menjual karya itu ke perusahaan film Hollywood. Saat itu usia Walt adalah dua puluh dua tahun.Setelah itu Walt sedikit putus asa, hingga kakaknya Roy meminjamkan tokonya kepada Walt untuk dipakai sebagai studio tempat Walt Disney memngembangkan karyanya. Kebetulan lokasinya dekat dengan kawasan industri film Hollywood yang membuat Walt sedikit mempunyai harapan baru.
Pada bulan Juli 1925, Walt menikahi salah satu karyawannya, Lillian Bounds. Di kota Lewiston Idaho, Walt dan istrinya dikaruniai dua orang putra, Diane dan Sharon. Kemuidan Walt mulai mengembangkan karakter animasi, Mickey Mouse.
Pada tanggal 18 Nopember 1928, Walter Disney menggelar pemutaran film pertamanya “Steamboat Willie” yang menggunakan karakter Mickey Mouse di dalamnya. Itulah debut pertama Walt membuat animasi bersuara. Pagelaran itu berlangsung di Colony Theatre – New York.
Setelah itulah Walter Disney mulai membuat animasi-animasi bagus seperti Snow White and the Seven Dwarfs, Pinocchio, Fantasia, Dumbo, Bambi dan banyak lagi.

No comments:

Post a Comment