Monday, May 7, 2012

Menteri Mari Elka Tantang Para Animator

TEMPO.CO , Jakarta 
Jum'at, 04 Mei 2012 | 05:46 WIB



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menantang para animator Malang menciptakan karakter lokal layaknya tokoh kartun Mickey Mouse dari Disneyland, Amerika Serikat. Para animator itu ditantang membuat ide cerita berbasis budaya asli Indonesia.  "Seperti Kukuruyuk Rock, animasi yang akan tampil di televisi swasta," kata Marie Elka di Malang, Jawa Timur, Kamis 3 Mei 2012.

Kementerian Pariwisata siap menampung kreatifitas para animator Malang. Bahkan mereka bisa bisa memanfaatkan laman Kementerian guna pamer hasil karyanya. "Kami juga siap membantu dana jika dibutuhkan," kata dia.

Menurut dia, animasi berkarakter lokal bisa menjadi simbol obyek wisata di Malang. Kekuatan cerita daerah juga bisa dikembangkan seperti produk permainan, aksesoris, dan komik.

Karya animasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Malang meraih penghargan terbaik Festifal Film Indonesia 2008 kategori film animasi. Pemerintah Kota Malang tak merespon prestasi itu. Apalagi tak ada televisi lokal tertarik menayangkan film animasi karyanya.


Para animator dalam komunitas pelaku industri kreatif mengeluhkan minimnya fasilitas dari pemerintah. Mereka tak punya wadah mengekspresikan hasil karyanya. "Padahal, sebagian memenangkan kompetisi internasional," kata direktur PT Digital Global Maxinema, Ahmad Rofiq.

Komunitas fotografi di Malang pun mengakui minimnya perhatian Pemerintah Kota Malang.

EKO WIDIANTO

2 comments:

  1. suatu saat nanti,, saat kekayaan alam kita dah habis, saat itulah pemerintah kita akan insyaf Bro! dan kita sudah tertinggal jauh.

    ReplyDelete